Tirai Jendela dan Model Terbaru 2017




Tirai Jendela - Penutup Jendela ataupun biasa dikenal dalam sebutan tirai, bisa berfungsi sebagai sebuah alat dalam mengontrol sinar matahari maupun debu yang masuk didalam rumah lewat jendela. Secara umum tirai ataupun penutup jendela dibagi kedalam beberapa golongan berdasar bentuk atau teknis melipatnya, gorden tersebut diantaranya sebagai berikut:

 
1.       Gorden/ tirai geser.
Curtain biasa disebut sebagai gorden dan sering sekali digunakan untuk rumah. Tirai Jendela yang dibuat dari kain tersebut bisa dibuka-tutup yang caranya dengan menggesernya. Gorden biasanya digunakan untuk jendela rumah. Bahan kain yang akan dipilih juga bisa menciptakan nuansa tersendiri seperti bahan beludru yang elegan, tenun eksotis, sutra, ataupun bahan kain bertekstur yang lainnya. Warna dan motif yang digunakan harus dipertimbangkan supaya serasi terhadap interior ruangan rumah anda.

2.      Vitrase
Jenis gorden ini termasuk tirai tipis dan tetap bisa memasukkan sinar matahari, cuma saja dengan intentisitas yang lebih kecil. Vitrase juga bisa berfungsi dalam menghalangi pandangan yang berasal dari luar rumah. Bahan lace ataupun renda favorit yang digunakan untuk bahan gorden vitrase karena bahan yang tipis. Biasanya jenis tirai ini dipakai untuk ruangan dalam rumah saja. Biasanya vitrase akan kerap dicuci setidaknya setiap 3 minggu sekali biar tetap tampak bersih.

3.      Roller blinds
Gorden jenis ini bisa dibuka-tutup. Caranya dengan menaikkannya, dan menggulungnya ke atas, ataupun dilipat. Tirai yang nantinya dinaikkan serta terlipat lipat biasa disebut roman blind serta tirai yang digulung dengan rolling blind. Gorden ini dari bahan kanvas, kain, kulit ataupun bahan katun. Gorden Roller blinds juga sangat cocok diaplikasikan pada ruang direksi, caffe, kantor manajemen, bahkan tempat tinggal yang memiliki ukuran jendela besar.

4.      Vertical Blinds
Tirai Jendela jenis ini bisa dibuka-tutup dengan menggeser dibantu seutas tali, anda bisa menggulung ke samping bagian kanan/kiri, ataupun dilipat. Vertikal blinds juga merupakan gorden dengan bilah-bilah vertikal yang berukuran lebar sampai 10-12cm dan berjajar. Bahan gorden ini menggunakan sejumlah pilihan bahan misalnya kain dan juga kanvas. Banyak digunakan untuk ruang perkantoran ataupun ruangan umum.

5.      Horizontal Blinds/ Kerai.
Gorden Kerai ialah tirai yang dibuat dari non kain. Tipe gorden ini memberikan privasi dalam ruangan anda. Bentuk tersebut juga lebih efisien dan akan memberi karakter kuat dalam ruangan berupa bilah-bilah yang memanjang atau horizontal jendela. Solusi lain untuk bahan gorden ini ialah dari bahan kayu, aluminium, maupun kertas. Banyak dipakai untuk tempat tinggal, cafe, kantor dan ruang belajar.

6.      Gorden blackout.
Gorden balckout termasuk gorden yang dirancang secara khusus dalam memblokir sinar matahari. Selain itu serat-serat kain gorden balckout akan membuat sinar matahari tak dapat menembusnya. Apalagi juga bisa digunakan sebagai anti ultraviolet.
Tak hanya berfungsi menghilangkan sinar matahari masuk ataupun keluar jendela. Gorden jenis black out juga bisa mengurangi suara yang bising dari luar. Apalagi beberapa merek gorden jenis blackout telah mengklaim jika gorden mereka bisa memblokir 99% cahaya serta 40% suara.
Selain itu bahan gorden balckout juga dibuat dari bahan tebal dengan anyaman sangat rapat. Tak hanya memiliki backing yang bagus, dengan bahan gorden balckout memiliki berat lebih dibanding dengan bahan gorden yang biasa. Jadi, Tirai Jendela yang dibuat dari bahan balckout ini lebih awet serta tahan lama jika dibanding dengan gorden yang dibuat dari bahan lainnya.
Banyak yang mengira jika gorden blackout, berupa gorden yang sangat tebal dan gelap ataupun bewarna hitam pekat. Namun tidak, ternyata banyak jenis bahan gorden blackout dan bisa kita temui dalam berbagai warna maupun motif.